Setyo Nugroho

Bertugas sebagai guru di SMP Negeri 3 Kalikajar, Wonosobo, Jateng. Pernah belajar di pascasarjana pada program magister jurusan pendidikan bahasa dan sastra Ind...

Selengkapnya
VIRUS DARI SURABAYA

VIRUS DARI SURABAYA

Spentika, demikian kami menyebut sekolah kami. Sekolah yang berada di lereng gunung Sumbing di wilayah kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Dengan udara sejuk khas pegunungan, lingkungan yang bersih, dan suasana yang tidak terlalu ramai menjadikan sekolah kami nyaman untuk belajar. Dua hari yang lalu, Spentika mendapat tamu istimewa dari Surabaya. Tamu itu adalah tiga buku karya guru penulis yang selalu menghiasi halaman dan kolom di gurusiana. Beliau adalah Bapak Ahmad Syaihu, sosok yang produktif, kreatif, dan inspiratif.

Suasana lengang di pagi itu tidak seperti biasa, ada beberapa siswa yang asyik bercengkrama dengan santai tentang puasa yang dilakukan, ada yang sedang diskusi tentang materi pelajaran, ada pula yang sedang membaca buku dengan duduk menyendiri di bangku depan teras kelas, tetapi jarang anak yang bermain dengan berlarian seperti biasanya. Suasana yang nyaman untuk belajar dengan udara dingin dan sinar mentari pagi yang menghangatkan. Maklum hari ini, anak-anak akan mengikuti Penilaian Akhir Semester 2 yang akan segera dilaksanakan. Saya mencoba mengganggu keasyikan mereka, saya coba bercengkrama dengan santai, menanyakan kesiapan mereka dalam belajar, dan ada pula yang bertanya tentang materi pelajaran karena hari ini adalah mata pelajaran bahasa Indonesia yang saya ampu.

Setelah cukup lama sekedar tanya jawab dan bercengkrama dalam suasana santai, lalu saya keluarkan tiga buku dari dalam tas dan kuserahkan pada mereka. Saya minta mereka untuk memegang buku tersebut dan saya abadikan dalam foto bersama. Ada yang menolak tidak mau, mungkin mereka malu, tetapi ada juga yang antusias menerima dengan tersenyum melihat buku yang mereka pegang. Setelah itu, saya berlalu dari mereka dengan ucapan terima kasih disertai senyuman.

Ketiga buku yang datang dari Surabaya belum saya baca secara utuh, baru dibaca sekilas, sebatas sinopsisnya saja. Namun demikian, dilihat dari judulnya saja cukup menarik untuk membacanya sampai tuntas. Buku yang pertama berjudul Pak Guru Menjadi Tamu Allah. Buku ini berisikan tentang pengalaman penulis saat menjalankan ibadah haji. Kisah menarik yang tentunya sangat bermanfaat bagi siapa saja yang belum menjalankan ibadah haji. Paling tidak sebagai gambaran apabila nantinya diperkenankan oleh Allah untuk menjalankan rukun islam yang kelima ini. Bagi yang sudah menjalankan, bisa digunakan sebagai ulangan kisah yang telah dilakukan sekaligus pembanding bagaimana haji yang dilakukan penulis buku dengan haji yang telah dikerjakan.

Buku yang kedua berjudul Menjadi Guru Es Krim. Memiliki buku ini, sebenarnya diawali dari rasa penasaran terhadap judul buku. Bagaimana sih guru es krim itu. Kesannya adalah guru seperti es krim adalah guru yang manis, lembut, dan tentu saja enak rasanya. Ternyata es krim yang dimaksudkan merupakan akronim dari empatik, sederhana, kreatif, ramah, inovatif, dan menyenangkan. Kalau boleh mengandai-andai dengan akronim tersebut, apabila guru telah mengajarkan dan membimbing dengan sepenuh hati, jadinya es krim beneran, yaitu es krim yang manis, lembut, dan tentu enak dinikmati pembelajarannya. Buku ini merupakan buku kumpulan artikel terbaik yang merupakan guru penulis kelas editor kota Batu. Maka, tidak aneh kalau buku ini sangat bermanfaat bagi guru untuk peningkatan dan inovasi dalam pembelajaran.

Buku yang ketiga berjudul Ada Cinta Di Madrasah merupakan buku kumpulan cerpen karya Pak AS dengan putri tercinta dan siswa kelas IX di madrasahnya. Buku yang menarik khususnya bagi siswa karena berisikan cerita yang terjadi di lingkungan belajarnya. Buku ini juga diharapkan nantinya dapat digunakan untuk memotivasi peserta didik dalam menyusun cerpen. Akhirnya, ucapan terima kasih kepada Pak Ahmad Syaihu yang telah berkenan berbagai dan berharap terus menginspirasi untuk terus menyebarkan virus menulis.

Ba’da Duhur di Sekolah

23 Mei 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Alhamdulillah semoga bukunya menginspirasi siswa dan guru di Spentika Wonosobo untuk giat dalam kegiatan literasi

23 May
Balas

Semoga doanya diijabah Allah. Aamiin. Makasih Pak. Salam literasi.

23 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali